Selasa, 28 Juli 2020

Kisah Matjames Metson Dan Putri Yang Pernah Ditinggalkannya

Kisah Matjames Metson
Matjames Metson



Setelah kehilangan segalanya dalam kengerian Badai Katrina, artis Matjames Metson bangkrut, trauma dan "bersiap untuk  masa akhir hidupnya" ketika ia menerima panggilan telepon tak terduga. Itu dari anak perempuan yang belum pernah dia lihat sejak dia masih bayi, dan itu memberinya alasan untuk hidup.

Matjames Metson berusia 16 tahun ketika ia bertemu calon ibu dari anaknya.

"Selanie masuk ke kelas sejarah Amerika-ku dan aku terpesona. Aku seperti, 'Ya Tuhan, siapa itu?' Seketika 'Saya perlu tahu siapa orang itu.'"

Orang tua Matjames adalah seniman, dan ayah tirinya bekerja sebagai profesor seni di berbagai sekolah seni yang berbeda.

"Kami sering berpindah-pindah dan aku tidak pernah benar-benar memiliki kesempatan untuk memiliki teman yang sebenarnya. Aku bertemu orang-orang dan kemudian kami akan pergi dan karena itu selalu memberiku jarak, saya pikir. " kata Matjames

Setelah tinggal di selatan Prancis, keluarga itu pindah ke kota kecil Yellow Springs di Ohio, di mana ia bertemu pacar pertamanya, Selanie .

"Kami bertemu dan kami memiliki hubungan selama beberapa tahun dan kemudian hubungan itu benar-benar berakhir, tetapi kami memiliki 'penghubung' dan Selanie hamil," kata Matjames , "tetapi kami masih bukan pasangan dengan ikatan resmi. "

Matjames berusia 18 tahun dan tidak merasa siap untuk menjadi seorang ayah.

"Aku benar-benar ketakutan. Itu membuat duniaku terguncang," katanya.

"Aku tidak sanggup untuk menghadapinya. Aku terlalu muda, terlalu naif dan aku tidak tahu harus berbuat apa."

Selanie melahirkan seorang gadis kecil bernama Tyler.

Setelah dia lahir, Matjames bertemu Selanie di pintu masuk Cagar Alam Glen Helen, dan dia memeluk bayi itu untuk pertama kalinya.

"Aku menggendong Tyler di lenganku selama sekitar 30 detik, dan hanya itu.”

"Saya tidak memahami bahwa dia adalah anak saya. Saya tahu secara biologis saya terlibat dan saya hanya suka, 'Ya Tuhan, ini sangat berat. Saya tidak tahu bagaimana harus bereaksi terhadap ini, saya tidak tahu harus berbuat apa. '"

Matjames mengatakan dia melarikan diri seumur hidup - dari segalanya.

"Ini pilihan sulit antara menghadapinya atau melarikan diri. Tanpa rasa percaya diri pada saat itu, aku memilih untuk lari dan terus melakukannya."

Setelah tinggal di Montreal dan Boston, Matjames akhirnya tiba di New Orleans yang ramai dan semarak pada usia sekitar usia 19 tahun atau 20 tahun.

Kisah Matjames Metson
"Aku masih kecil, aku masih muda untuk usiaku, secara emosional, dan tiba-tiba di sini aku berada di tempat yang sangat eksotis, sangat berbeda. Kurasa itu tempat yang bagus untuk bersembunyi, kurasa."

Tetapi jika dia bersembunyi dari masa lalunya, dia tidak bisa sepenuhnya melarikan diri dari itu.

Dalam sebuah novel grafis, Matjames yang kemudian menulis tentang kehidupannya, sebuah gambar sketsa menunjukkan bahwa dia membungkuk, membawa rasa bersalah yang berat di pundaknya. Rasanya seperti membawa "balok seberat 16 ton", katanya.

Ini berdampak terhadap dirinya yang mengalami gangguan mental yang membuatnya berada di sebuah lembaga "untuk beberapa waktu" katanya.

Ketika ia selesai dengan pengobatannya, ia berangsur-angsur menjadi terkenal di New Orleans, terkenal karena kehidupan malamnya, musiknya, dan bourbon yang mengalir bebas.

"Aku masuk sebagai penduduk New Orleans yang tidak dikenal, tapi aku keluar dan itu memberiku semacam keajaiban, dan tiba-tiba aku mengenal semua orang. Aku tinggal di rumah seseorang dan aku tidak punya apa pun kecuali pena, jadi saya pergi ke kedai kopi, bar atau di mana pun orang berada dan saya dijadikan tontonan, "katanya.

Dia selalu menjadi seniman, tetapi sekarang mulai mendapat perhatian lebih. Karena dia tidak memiliki rumah permanen, semua pekerjaannya ada di atas kertas.

Kemudian, ketika dia menjadi lebih dari "makhluk yang dijinakkan", dia mulai membuat benda-benda seni dan menempelkannya menjadi patung.

New Orleans adalah harta karun untuk ini. Di mana pun Anda melihat - bahkan di tanah - Anda dapat menemukan padanan artistik dari debu emas - seperti foto Amerika yang berusia 100 tahun. Dia menemukan keindahan dalam bahan seperti korek api kayu dan tongkat lilin.

Dan dia sukses, membuat karya seni dan memamerkan di berbagai pertunjukan di kota, sambil menghidupi dirinya dengan bekerja di bar, dan berkeliling kota dengan sepedanya, mengantarkan pizza.

Sementara putrinya, Tyler Hurwitz, tumbuh di Yellow Springs bersama ibunya, Selanie , artis berbakat lainnya. Dia ingat menemani ibunya magang pada usia empat.

"Saya tenggelam dalam lingkungan kreatif sejak saya dilahirkan, dan itu tidak pernah berakhir," katanya.

Rumahnya bahagia. Selanie telah menikah dan memiliki seorang putri lagi, dan tumbuh dalam keluarga ini, Tyler mengatakan dia tidak begitu tertarik pada ayah kandungnya.

"Saya memiliki keluarga, teman, dan begitu banyak orang di sekitar saya sepanjang waktu, saya kira saya tidak benar-benar memikirkannya," katanya. "Itu bukan sesuatu yang pernah ada dalam pikiranku, jadi itu bukan pertanyaan besar tentang siapa ayahku, atau di mana dia, atau mengapa dia tidak ada.”

"Aku tidak pernah bertanya, oleh karena itu aku tidak benar-benar tahu."
Kisah Matjames Metson

Seperti ibunya, ia ahli dalam melapisi furnitur dan seniman yang terampil.

Pada usia 30, Matjames dianggap sebagai salah satu seniman "asli" kota itu, meskipun faktanya ia telah menjalani dua dekade pertama hidupnya di tempat lain. Dia juga memiliki pekerjaan permanen restoresi alat-alat bangunan antik. Kedua anjingnya, Pikachu dan Pearl, adalah segalanya baginya.

"Tiba-tiba aku merasa  'Aku tidak percaya aku selamat sampai usia 30 tahun ,'" katanya. Dia memiliki moto "hidup cepat, mati muda", dan memutuskan sekarang saatnya untuk memperlambat. Pertama dia pindah dari French Quarter, lalu dia meninggalkan New Orleans selama beberapa tahun, kembali pada musim semi 2005.

"Aku ada di apartemen, aku membongkar barang-barangku dan saat itulah badai Katrina datang," katanya.

Badai Katrina meluluhlantakkan New Orleans pada Agustus 2005, membanjiri wilayah-wilayah besar kota. Hampir 2.000 orang tewas dan satu juta orang terlantar, dan ada banyak pelanggaran hukum dan ketertiban yang mencekam.

"Itu adalah kehancuran total," kata Matjames , yang masih tertekan oleh apa yang dia saksikan. "Jika aku menutup mata, aku masih bisa melihatnya.”

"Ada banyak korban jiwa, semuanya benar-benar rusak. Toko-toko tidak buka, bahan makanan tidak ada, kejahatan menggila. Ada begitu banyak orang yang kehilangan rumah dan harta benda mereka, itu membuat semua orang putus asa. "

Apartemen Matjames tergenang air dan ia kehilangan sebagian besar barang-barangnya, termasuk hampir semua karya seninya.

Khawatir bahwa ia mungkin tidak dapat membawa anjing kesayangannya, Matjames tetap berada di reruntuhan kota selama delapan hari, sampai suatu hari ia menemukan telepon umum yang berfungsi, menelpon ibunya untuk memberi tahu ibunya bahwa ia aman, dan kemudian menelpon seorang teman yang membantunya, Pikachu, dan Pearl ke Los Angeles.

Dia pindah ke apartemen yang sangat kecil di persimpangan sibuk di distrik LA di Koreatown.

"Begitu aku pindah ke flat ini, mereka benar-benar merobohkan setiap bangunan di sekitarku. Jadi bangunan kecil berlantai empat tempatku berada tiba-tiba dipenuhi tikus dan kecoak," katanya.

"Seseorang memberiku alas tidur, aku punya TV hitam-putih kecil dan mungkin beberapa T-shirt dan hanya itu."

Matjames mengatakan anjing-anjingnya bukan hanya sahabat karibnya, tetapi juga anak-anaknya, orang kepercayaannya, dan bahkan rekan makannya.

"Ketika saya mendapatkan makanan, maka saya bagi dengan mereka," katanya. "Dan ketika aku tidak memiliki makanan, aku akan memakan sebagian dari makanan mereka. Aku meraih kantong makanan anjing dan makan segenggam makanan anjing kering ."

Dia menemukan pekerjaan di bagian lain kota itu, bekerja sebagai "stock boy" di sebuah toko perlengkapan seni dengan bayaran $7 (£6) per jam, tetapi meminta uang untuk ongkos perjalanan ke sana.

Setiap kali telepon berdering, itu menjadi berita buruk tentang seorang teman dari New Orleans yang menderita dampak setelah badai.

Dia berpikir banyak dari mereka memiliki stres pasca-trauma, yang konsekuensinya dapat menghancurkan. "Beberapa orang minum, beberapa orang menggunakan narkotika, beberapa orang bunuh diri."

Matjames mengatakan bahwa dia mati secara emosional, dan duduk di apartemennya hanya menatap televisi, bahkan tidak mengganti salurannya. Dia tidak bisa membuat karya seni dan mengatakan dia "siap ".

"Kemampuan saya untuk mempertahankan diri tergelincir dan tergelincir dan tergelincir dan saya tidak punya tempat untuk berubah," katanya, "sampai panggilan telepon yang tidak hanya menyelamatkan hidup saya, tetapi juga mengubah hidup saya."

Tyler, yang saat itu berusia 16 tahun, sedang membersihkan kamarnya ketika ibunya masuk dan menyerahkan selembar kertas. Di satu sisi adalah nomor PO Box, dan yang lainnya nomor ponsel. Ibunya memberitahunya bahwa inilah caranya dia bisa menghubungi ayah kandungnya.

"Saya pikir dia agak tersandung di tumpukan kertas dan seperti, 'Oh, lebih baik berikan ini pada Tyler kalau-kalau dia ingin menelepon,'" kata Tyler.

"Itu seperti hal yang sangat acuh tak acuh yang baru saja dia lakukan, dan dia secara khusus meminta saya untuk menulis alih-alih menelepon, tetapi beberapa menit setelah dia memberi saya kertas saya menelepon nomor itu. Saya pikir setengah dari saya benar-benar tidak mengharapkan siapa pun untuk menjawab, jadi saya tidak terlalu memikirkannya.” Kata Tyler lagi

"Aku agak punya mentalitas seperti ini, 'Aku tidak akan rugi.' Jadi ketika dia menjawab, saya tidak emosional, dan saya tidak gugup. "

Dia bilang dia bahkan belum membuat keputusan sadar untuk menelepon, dia hanya bertindak spontan.

Matjames khawatir akan ada lebih banyak berita buruk tentang salah satu temannya - dan kemudian dia mendengar suara Tyler.

"Pernahkah kamu mendengar nama Tyler sebelumnya?" dia berkata.

Matjames menjawab: "Tyler, saya sudah menunggu panggilan ini selama 16 tahun."

"Lalu aku berkata, 'Apakah kamu membenciku?'" Kata Tyler.

"Aku berkata, 'Aku benar-benar tidak membencimu. Apakah kamu membenciku?'" Kata Matjames . "Dan dia berkata 'Tidak.' Seperti saya di sini, seorang seniman yang benar-benar kacau dan trauma, yang tidak punya apa-apa untuk ditawarkan kepadanya, tetapi kami berbicara tentang musik dan kami berbicara tentang ini dan itu. "

Tyler mengatakan bahwa ketika mereka selesai menelepon, mereka tidak merencanakan bagaimana untuk tetap berhubungan, tetapi hanya tahu bahwa mereka dapat saling menelepon jika mereka mau.


"Saya benar-benar merasa tulang belakang saya tegak dan mata saya terbuka dan saya berhenti memandang ke tanah dan mulai berkata, 'Baiklah, di sini saya di Los Angeles, anak saya berpikir itu luar biasa, mungkin saya harus berpikir itu luar biasa?' "

Dia bilang dia ingin membuat Tyler terkesan dan satu-satunya cara dia merasa bisa melakukan ini adalah melalui kreativitasnya.

"Saya tidak akan bisa melakukannya dengan rumah saya atau rekening bank saya atau pakaian saya. Saya akan menjadi artis terbaik yang saya bisa, dan aku berutang semuanya pada Tyler. "

Ketika dia perlahan bangkit kembali, dia mulai memproduksi dan memamerkan karyanya lagi. Dia bisa pindah ke apartemen yang lebih baik dan beberapa tahun kemudian, ketika pameran karyanya baru dibuka, Tyler terbang ke LA untuk menemuinya untuk pertama kalinya.

"Saya gugup," kata Tyler, "tetapi kemudian ketika kami berkenalan, rasanya baik-baik saja, itu terasa alami dan normal dan saya sangat puas dengan diri saya sendiri."

Dia langsung memperhatikan kemiripan fisik juga.

"Saya memiliki rambut keriting dan ibu saya memiliki rambut lurus dan itu selalu merupakan situasi yang saya coba cari tahu bagaimana rambut saya bisa begini," katanya. " Jadi ketika aku bertemu Matjames, aku berkata , 'Yah, kita berdua memiliki rambut keriting, itu menjelaskannya.' Dan kami memiliki tangan yang sama dan kami berdua memiliki mata hijau. "

Salah satu karya seni pertama yang Matjames tunjukkan pada Tyler adalah menara kumpulan patung yang rumit.

"Jika kamu membuka pintu ini dan membuka kunci benda ini dan kamu geser ini, kamu akan melihat ke sana dan di antara sekelompok paku kamu akan menemukan namaku," katanya. " Jadi namaku tersembunyi di banyak karyanya, kamu harus mencarinya, tapi pasti ada di sana dan itu agak keren mengetahui ke mana harus mencari."

Dia percaya ini melambangkan motivasi untuk Matjames untuk melanjutkan pekerjaannya sebagai seorang seniman.

Setelah mengunjungi Matjames di habitat artistiknya, Tyler kemudian menantang Matjames untuk mengunjunginya di Ohio.

"Saya tahu dia benar dan saya harus melakukannya. Rasanya seperti menyetel ulang semacam mesin," katanya.

"Itu adalah cara bagiku untuk tiba-tiba menjadi seusiaku dan tumbuh dan berhenti menjadi remaja yang berlari."

Kisah Matjames Metson
Ketika dia ada di sana, Tyler sedang melapisi sofa dan Matjames dapat membantu proyek dan menyaksikan kesenian putrinya di tempat kerja.

"Seluruh inspirasi saya di balik kain pelapis dan kecintaan saya pada furnitur dan kain pada awalnya diilhami oleh ibu saya," kata Tyler, sekarang 29. " Jadi sofa itu benar-benar sebuah proyek di mana otak kita bertiga berkumpul."

Bertemu dengan Matjames juga berarti dia telah terhubung dengan orang tuanya - ibunya, ayah tiri dan ayah kandungnya - semuanya adalah seniman.

"Untuk menjadi orang yang kreatif dan tiba-tiba menemukan keluarga yang telah lama hilang, untuk mengetahui bahwa secara harfiah setiap orang dari mereka adalah seniman - itu liar," kata Tyler, yang, terinspirasi oleh kakek neneknya, sekarang belajar lagi di departemen studi kerajinan dan bahan dari sebuah universitas di Virginia.

Selama bertahun-tahun, Matjames dan Tyler telah berbicara banyak tentang mengapa dia meninggalkannya.

"Dia mengerti mengapa aku harus pergi," kata Matjames .

"Kami berbicara beberapa minggu yang lalu. Dia seperti, 'Kamu tidak mungkin tinggal di sini, itu tidak akan menjadi hal yang tepat untuk kamu, tidak peduli apa.' Jadi, sangat menyenangkan untuk memiliki orang yang saya tinggalkan dengan jelas memahami mengapa saya harus melakukannya dan tidak membenci saya untuk itu. "

Tyler mengakui bahwa ada stigma sosial yang terkait dengan para ayah yang meninggalkan keluarga, tetapi mengatakan apa yang dilakukan Matjames benar untuk Matjames, dan akhirnya juga untuk Tyler sendiri.

Seandainya dia berpegang pada "standar masyarakat" dan menilainya secara negatif itu tidak akan menghasilkan apa-apa, katanya. Sebaliknya dia telah memperoleh keluarga baru, sumber inspirasi baru, dan "menjalani kehidupan yang hebat".


0 komentar:

Posting Komentar